30 November, 2008

PROPOSAL PTK PENJAS


PROPOSAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
( PTK )


EFEKTIFITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN BERMAIN PADA PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK SISWA KELAS IV
SD INPRES UJUNG KATINTING



Disusun oleh :
Firdaus, S.Pd

PROPOSAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
I. JUDUL
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN BERMAIN PADA PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK SISWA KELAS IV
SD INPRES UJUNG KATINTING

II. BIDANG KAJIAN
Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Pemberian permainan pada pembelajaran.
III. PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pendidikan adalah ivestasi jangka panjang yang memperlukan usaha dan dana yang cukup besar, hal ini diakui oleh semua orang atau suatu bangsa demi kelangsungan masa depannya. Demikian halnya dengan Indonesia menaruh harapan besar terhadap pendidik dalam perkembangan masa depan bangsa ini, karena dari sanalah tunas muda harapan bangsa sebagai generasi penerus dibentuk.
Meski diakui bahwa pendidikan adalah investasi besar jangka panjang yang harus ditata, disiapkan dan diberikan sarana maupun prasarananya dalam arti modal material yang cukup besar, tetapi sampai saat ini Indonesia masih berkutat pada problemmatika ( permasalahan ) klasik dalam hal ini yaitu kualitas pendidikan. Problematika ini setelah dicoba untuk dicari akar permasalahannya adalah bagaikan sebuah mata rantai yang melingkar dan tidak tahu darimana mesti harus diawali.
Terkait dengan mutu pendidikan khususnya pendidikan pada jenjang Sekolah Dasar ( SD ) dan Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) sampai saat ini masih jauh dari apa yang kita harapkan. Pendidikan jasmani sebagai salah satu disiplin lmu yang diajarkan di sekolah-sekolah masih sering menemui persoalan klasik tentang pola-pola mengajar yang bersifat memaksakan kemampuan siswa yang sebetulnya memiliki keterbatasan, tanpa melihat kondisi fisik dan psikologis siswa SD itu sendiri yang memiliki kecendrungan bermain, akibatnya siswa kurang memiliki daya tarik untuk mengikuti pelajaran praktik penjas sehingga mempengaruhi prestasi belajar penjas itu sendiri. Fenomena ini merupakan sebuah masalah akibat kurangnya kemampuan sebagian guru penjas dalam memainkan peran sebagai guru yang memiliki tuntutan target kurikulum dan daya serap dan sebagai pendidik yang menggunakan pola-pola mengajar yang lebih mengedepankan kondisi psikologis siswa yang memiliki kecendrungan bermain.
Melihat kondisi hasil belajar siswa tersebut beberapa upaya dilakukan salah satunya adalah pembelajaran dengan pendekatan bermain. Dengan bermain diharapkan siswa dapat meningkatkan aktifitas belajarnya, sehingga terjadi proses yang berkesan dan penguatan terhadap meteri yang diberikan di sekolah dengan harapan siswa mampu meningkatkan hasil belajar atau prestasi siswa.
IV. PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH
Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang permasalahan sebagaimana tersebut didepan, maka rumusan permasalahan yang diajukan dalam proposal ini adalah :
Apakah melalui tehnik pendekatan bermain dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Jasmani bagi siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Inpres Ujung Katinting?
Pemecahan Masalah
Siswa yang mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan tentunya akan menghasilkan atau dapat menguasai keterampilan atau konsep terhadap mata pelajaran – mata pelajaran yang dipelajarinya. Dengan pola bermain sambil belajar secara terorganisir dengan baik paling tidak akan mampu mengkondisikan dalam bentuk motifasi ekstinsik bagi siswa itu sendiri.
Moh. Uzer ( 1996:29) menjelaskan “Motivasi ekstrinsik timbul sebagai akibat pengaruh dari luar individu, apakah karena adanya ajakan, atau paksaan orang lain sehingga dengan kondisi yang demikian akhirnya ia mau melakukan sesuatu atau belajar, misalnya seseorang mau belajar karena ia disuruh orang tua untuk mendapatkan peringkat pertama.”
3. Hipotesis
Hipotesis yang diajukan dalam proposal penelitian ini adalah :
“ Melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani bagi siswa kelas VI SDN Inpres Ujung Katinting”
V. TUJUAN PENELITIAN
1. Tujuan Umum
Tujuan peneliti yang diharapkan dari penelitian ini menjadi masukan bagi guru dalam memperkaya pola dan metode pembelajaran penjas.
2. Tujuan Khusus
Adapaun tujuan khusus dari penelitian ini :
“Untuk mengetahui apakah melalui pembelajaran dengan pendekatan bermain dapat meningkatkan prestasi belajar pendidikan jasmani bagi siswa kelas VI SDN Inpres Ujung Katinting.”................To be Continue

3 komentar:

DION ARIESTA mengatakan...

bos ne kita seprofesi, gw mw nanya itu bentuk proposal PTK udah jadi? untuk bab II memang seperti itu ya?

rachmad mengatakan...

dmn saya bsa mendapatkan kelanjutan dari proposal ptk itu...

donix mengatakan...

kalau contoh proposal yang lengkapnya ada ga??

Micro Teaching in CBT