20 Agustus, 2009

e-mail Gratisss

Masterbiznet.com

Masternya Bisnis Internet

Membuat Email Gratis Di Yahoo!

Email (Electronic Mail/ Surat Elektronik) adalah salah satu fasilitas yang paling banyak digunakan di internet. Alamat email telah menjadi identitas seseorang di dunia maya. Anda akan sering menggunakannya untuk berkomunikasi, mendaftar pada layanan lainnya seperti forum diskusi, dll. Pada artikel ini akan dijelaskan secara sederhana langkah-langkah membuat email gratisan dari Yahoo!.

Buka browser anda, lalu ketikkan alamat http://mail.yahoo.com/. Setelah halamannya selesai di-loading, klik link “SIGN UP NOW”. Anda akan diarahkan ke halaman untuk mengisi formulir pendaftaran. Selanjutnya ada tinggal mengisi formulir tersebut.

  • Yahoo! ID: nantinya akan menjadi alamat email anda sekaligus username (user id) untuk login ke Yahoo! ketika anda ingin mengecek atau mengirim email. Untuk memilih Yahoo! ID ini, sebaiknya gunakan nama yang unik, karena nama-nama yang standar kemungkinan sudah digunakan oleh orang lain. Misalnya anda ingin menggunakan nama anda, budi, maka sebaiknya diganti dengan budi2008, budi.keren, budi.bandung, atau yang lainnya. Jadi, alamat email anda nantinya adalah budi2008@yahoo.com, budi.keren@yahoo.com, budi.bandung@yahoo.com, dst.
  • Password: masukkan password pilihan anda untuk keperluan login ke Yahoo!. Pilih password yang mudah anda ingat namun tidak mudah ditebak oleh orang lain.
  • Re-type Password: masukkan kembali password pilihan anda untuk verifikasi.
  • Sequrity Question: pilih salah satu pertanyaan dan tulis jawabannya pada kolom “Your Answer”. Bila sewaktu-waktu anda lupa informasi login –misalnya Yahoo! ID atau password anda– maka anda akan harus memilih pertanyaan dan jawabannya seperti saat pertama mendaftar. Bila jawaban anda cocok dengan pertanyaannya, maka anda bisa mengganti password anda. Tapi bila salah, dan anda tidak ingat sama sekali, bisa jadi anda tidak akan bisa masuk kembali ke account email anda untuk selamanya.
  • Birthday: masukkan tanggal lahir anda dengan format Bulan, Tanggal, Tahun. Misalnya Januari, 1 1990.
  • Current Email: masukkan alamat email anda yang lain. Kalau anda belum mempunyai email sama sekali sebelumnya, kosongkan saja kolom ini.
  • First Name: nama depan anda
  • Last Name: nama belakang anda. Jika nama anda lebih dari 2 kata, anda bisa menyingkat nama anda. Misalnya, Muhammad Ali Topan, bisa anda tulis M. Ali dan Topan. Sebaliknya jika nama anda hanya satu kata, maka anda bisa menambahkan nama ayah sebagai last name.
  • Language & Content: bahasa dan isi halaman yang akan anda gunakan.
  • Zip/Postal Code: kode pos alamat rumah anda.
  • Gender: jenis kelamin anda, yakni male (laki-laki) atau female (perempuan).
  • Occupation: pilih pekerjaan anda.
  • Industry: pilih salah satu yang berhubungan dengan bidang pekerjaan anda.
  • People Search Listing: beri tanda centang (tanda cek) bila anda ingin menampilkan profil anda pada halaman pencarian. Misalknya, jika ada pengunjung yang mencari dengan kata kunci “nama anda”, maka profil anda akan ditampilkan.
  • Contact me occasionally about special offers, promotions, and Yahoo! features: beri tanda centang pada kategori yang anda inginkan (boleh lebih dari satu). Nantinya Yahoo! akan mengirimkan email secara periodik berkaitan dengan penawaran, promosi, atau fitur-fitur Yahoo! sesuai dengan kategori yang anda pilih. Jika anda tidak ingin menerima “email promosi” seperti ini, kosongkan saja (jangan dicentang).
  • Word Verification: ketikkan kata yang terbaca pada gambar.

Selanjutnya klik tombol “Submit This Form”. Tunggu sampai formulir anda terkirim, dan halaman berikutnya selesai di-loading. Pada halaman tersebut anda bisa memilih untuk menggunakan Yahoo! mail klasik atau modern. Jika koneksi internet anda cukup baik, gunakan tampilan modern, karena pengelolaan email lebih mudah.

Anda bisa login untuk memeriksa inbox email anda, atau untuk mengirim email kapan dan di mana saja, sepanjang anda terkoneksi ke internet. Setelah login, anda dapat mengklik link:

  • Inbox: untuk melihat email yang masuk
  • Sent: email yang telah anda kirim
  • Bulk: email yang dianggap spam oleh Yahoo!. Bisa jadi email yang terperangkap di sini sebenarnya adalah email yang memang anda perlukan. Jadi, jika anda sedang menunggu kiriman email dari teman anda namun tidak pernah sampai di inbox, periksa folder bulk ini, mungkin saja email teman anda itu dianggap spam. Untuk menghindari terjadi hal seperti ini di kemudian hari, anda harus menambahkan alamat email teman anda tersebut pada “Address Book” anda. Caranya, klik link Addres Book, lalu masukkan nama dan email teman anda tersebut.
  • Trash: email yang telah dihapus akan disimpan di sini. Jika anda keliru menghapus sebuah email, anda bisa mengembalikannya lagi.

Mengirim Email

Klik link Compose, lalu isi kolom-kolom yang tersedia:

  • To: masukkan alamat email yang dituju atau yang akan anda kirimi pesan. Jika lebih dari satu, gunakan tanda koma sebagai pemisah. Misalnya: budi@yahoo.com, iwan@telkom.net, wati@gmail.com, dst.
  • CC: carbon copy, berfungsi untuk mengirim email yang sama ke beberapa penerima sekaligus. Fungsinya sama dengan cara di atas, namun lebih rapi. Penerima yang satu bisa mengetahui bahwa email ini dikirim juga kepada penerima lainnya.
  • BCC: blind carbon copy, sama dengan CC tapi penerima tidak bisa mengetahui kepada siapa saja email tersebut dikirim.
  • Subject: perihal atau judul email anda. Pastikan anda menggunakan subject yang mencerminkan isi email anda. Hindari menggunakan kata-kata promosi, seperti gratis, free, for sale, dll. Email seperti ini biasanya akan dianggap spam sehingga tidak masuk ke inbox penerima. Akibatnya email anda bisa jadi tidak dibaca oleh penerima.
  • Pada bagian isi email anda bisa menulis pesan anda. Jumlah karakter (panjang tulisan) tidak dibatasi.
  • Attachment: berguna untuk mengirim lampiran berupa file. Misalnya anda ingin melampirkan dokumen microsoft office word, atau gambar, dan file lainnya. Cukup klik “Attachment”, klik tombol browse, cari dan pilih file anda pada harddisk atau flashdisk. Anda bisa melampirkan lebih dari 1 file sekaligus. Setelah memilih file, klik tombol “Attach Files”, kemudian klik “Done”. Anda akan kembali ke halaman penulisan email seperti sebelumnya, namun kali ini email anda telah dilengkapi dengan file lampiran.

Jika semua kolom yang diperlukan telah diisi, klik tombol “Send”. Tunggu sampai proses pengiriman selesai, maka anda akan diberitahu bahwa email telah terkirim. Pada halaman tersebut anda juga ditawarkan untuk menambahkan alamat email penerima ke dalam buku alamat.

Simpan baik-baik Yahoo! ID dan password anda. Serta ingat alamat web Yahoo! mail, http://mail.yahoo.com. Yahoo! ID anda ini akan diperlukan untuk menggunakan fasilitas-fasilitas lainnya yang disediakan oleh Yahoo!, seperti mailing list (milis), Yahoo! messenger (chatting), dsb.

Tidak ada komentar:

Micro Teaching in CBT